Thursday, 7 June 2018

Lailatul Qadar

Assalamualaikum.

Apa khabar?
Lama tak bersiaran kat sini.
Sorry bagi yang merindui Cikyan.
Btw, ada ke yang rindu kat Cikyan?
Sebenarnya cikyan agak busy 
dan baru baru ni PC pon buat hal.
So memang kena minimumkan penggunaan pc
untuk hal lain. Sebab PC ada virus !
Dan oleh sebab itu la blog ni bersawang sangat. huhu

Sebelum terlambat, Cikyan nak ucapkan selamat berpuasa 
dan.... selamat hari raya.
Ada lebih kurang seminggu je lagi untuk 
bulan ramadhan melabuhkan tirai.
Macam sedih pulak rasa kan?
Sempena 10 malam akhir ramadhan ni,
ada satu malam yang Allah kata,
ianya lebih baik dari seribu bulan.
MALAM LAILATUL QADAR
Kat sini, Cikyan nak share sikit la
antara petanda malam lailatul qadar ni.

Cikyan doakan semoga
semua yang membaca ini,
dapat berjumpa dengan malam itu.
Jangan lupa doa banyak banyak tau !

TANDA TANDA MALAM LAILATUL QADAR



1. Suasana Sejuk di Malam Lailatul Qadar

Saat malam Lailatul Qadar, udara terasa sejuk. Tidak panas dan tidak dingin. Suasananya sangat nyaman. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Lailatul qadar adalah malam yang penuh kemudahan dan kebaikan, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar tidak begitu cerah dan nampak kemerah-merahan.” (HR. Ath Thoyalisi dan Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman, lihat Jaami’ul Ahadits 18/361, shahih).
Suasana memang sangat sejuk sekali, sehingga terasa nikmat bagi mereka yang beritikaf.  Sebab saat malam penuh berkah ini membuat suasana menjadi tenang, udara akan terasa sangat sejuk, tak terasa panas, tidak terasa dingin, tidak hujan dan tidak terjadi pelemparan bintang (meteor).

2. Suasana Malam yang Tenang

Saat tiba malam lailatul Qadar, suasana terasa sangat tenang. Tidak ada kebisingan. Semuanya terasa amat tentram dan nyaman. Inilah malam yang terasa sangat khidmat untuk beribadah kepada Allah SWT. 
Dalam surat Al Qadar ayat 4 dijelaskan “Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril”.Banyak malaikat yang akan turun pada malam Lailatul Qodar, karena banyaknya keberkahan di malam Lailatul Qodar tersebut. Turunnya malaikat ke dunia untuk menandakan turunnya berkah dan rahmat.Suasana pada malam itu memang sangat tenang sekali, tak ada suara kicau burung atau binatang lain pada malam itu. Jika kita bisa melihat pun, semua tumbuhan di dunia ini bersujud kepada Allah.swt pada malam itu.Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda,”Barang siapa melaksanakan sholat pada malam lailatul qodar karena iman dan mengharapkan ridho dari Allah.swt, maka dosa-dosanya yang lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari)

3. Suasana Malam Cerah

Malam saat Lailatul Qadar langit kelihatan cerah. Langit tampak terang dan terlihat indah. Hal ini sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW: “Malam itu adalah malam yang cerah yaitu malam ke dua puluh tujuh (dari bulan Ramadlan). Dan tanda-tandanya ialah pada pagi harinya matahari terbit berwarna putih tanpa sinar yang menyorot.” (HR. Muslim no. 762).
Dalam hadist lain yang diriwayatkan oleh Ibnu Hibban, Sabda Rasulullah saw,”Sesungguhnya aku diperlihatkan lailatul qodr lalu aku dilupakan, ia ada di sepuluh malam terakhir. Malam itu cerah, tidak panas dan tidak dingin bagaikan bulan menyingkap bintang-bintang. Tidaklah keluar setannya hingga terbit fajarnya.” (HR. Ibnu Hibban).

4. Matahari Bersinar Lembut

Di pagi hari setelah malam Lailatul Qadar, sinar matahari bersinar dengan lembut. Dan suasana hari itu pun terlihat cerah. Hal ini seperti diterangkan dalam sebuah hadits, ”Lailatul qodr adalah malam yang cerah, tidak panas dan tidak dingin, matahari pada hari itu bersinar kemerahan lemah.” Sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah yang dishahihkan oleh Al Bani.

5. Angin Berhembus Sepoi-sepoi

Pada malam Lailatul Qadar, angin pun berhembus lembut. Ini membuat suasana terasa sangat nyaman. Tidak panas dan juga tidak dingin.

6. Tidak Hujan

Pada malam Lailatul Qadar, tidak terjadi hujan. Saat itu malam terasa begitu syahdu dengan suasana langit yang cerah.

7. Terjadi di 10 Hari Terakhir Ramadhan

Malam Lailatul Qadar terjadi di sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan. Hal ini seperti sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Carilah lailatul qadar pada sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari no. 2020 dan Muslim no. 1169)

8. Tiba di Malam Ganjil

Kedatangan malam Lailatul Qadar lebih mungkin terjadi di malam-malam ganjil bulan Ramadhan. Hal ini seperti sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Carilah lailatul qadar di malam ganjil dari sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari no. 2017)

8 comments:

  1. Thank you untuk ilmu ni cik Yan!!! ^^ selamat mencari Lailatul qadar! :D Fighting!!

    ReplyDelete
  2. Assalammualaikum wbt.
    SELAMAT HARI RAYA AIDIL FITRI! MAAF ZAHIR & BATIN =)

    ReplyDelete
  3. assalamualaikum cikyan.
    lama x blogging? :)
    apapun, selamat hari raya dari Aida.

    ReplyDelete
  4. siapa dapat bertemu dengan malam Lailatul Qadar pasti beruntung.

    ReplyDelete
  5. good sharing.. akak singgah lps dah bulan ramadhan nie..

    ReplyDelete